Artikel

Tips & Tricks tentang Locker

Offroad atau Adventure ke jalan-jalan yang belum tersentuh orang lain memang selalu terasa paling spesial dan mewah, karena berasa kita yang punya tempat. Apalagi kalau dapat bonus pemandangan yang luar baisa indahnya. Namun kadang menuju ke tempat-tempat alami seperti itu medannya memang agak luar biasa juga tentunya. Memiliki locker aktif terpasang di kendaraan 4×4 akan memberikan pengalaman yang berbeda saat kendaraan kita berada disituasi tertentu.

CARA KERJA LOCKER

Untuk memahami cara kerja Locker, pertama harus memahami cara kerja dan tujuan dari Locker itu sendiri. Coba cek video ini video on how a differential works.

Differential mempunyai 3 fungsi :

  • Mengarahkan tenaga mesin ke roda
  • Bekerja mereduksi Final Gear, memperlambat putaran transmisi satu kali sebelum ke roda
  • mengarahkan putaran mesin ke roda dan pada waktu yang sama roda berputar dengan kecepatan/putaran yang berbeda (dari sinilah nama Differential didapat).

Yang terpenting adalah poin yang terakhir, yaitu agar roda-roda dapat berputar bersamaan dengan kecepatan/putaran yang berbeda. Selain itu differential akan mengarahkan putaran tenaga mesin ke roda yang paling mudah (paling sedikit beban) untuk diputar.

PENGGUNAAN SAAT OFFROAD

Kala off-road ada saatnya kita akan merasakan dimana Differential standar tanpa locker  akan mulai menimbulkan masalah dalam perjalanan kita.

Artikulasi Berat – Ya mungkin inilah saatnya kita benar-benar merasakan bahwa seandainya di kendaraan kita terpasang Locker, maka semuanya akan menjadi lebih mudah.  Ini adalah situasi dimana suspensi kendaran kita dipaksa bekerja dengan jarak travel maksimal. Contoh, saat melewati bebatuan dan salah satu ban belakang kita menaiki batu yang cutup besar sementara ban depan kita berada diposisi sebaliknya, sehingga ban terangkat dan tidal mendapatkan traksi. Beban pada ban yang tidak terangkat akan menjadi lebih berat sehingga secara otomatis tenaga mesin pun diarahkan kepada ban yang terangkat. Hasilnya mobil tidak akan maju karena yang berputar adalah ban yang terangkat alias mobil stuck. Kadang untuk melewati obstacle ini mobil bisa mengulang atau mundur lagi dan menambah momentum, tapi hal ini tidak selalu aman karena dapat berdampak kerusakan pada kendaraan ataupun lingkungan.

Permukaan Tidak Rata / Sama – Saat kendaraan berada di jalur, yang pada satu sisi kendaraan menapak di medan yang cutup keras dan rata, sementara yang sebelahnya terbenam air atau lumpur. Sisi yang kering tentunya akan mendapatkan traksi jauh lebih baik dan secara otomatis tenaga akan diarahkan ke bagian yang terbenam dilumpur karena akan lebih enteng bebannya.

MENGUNCI DIFFERENTIAL

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, fungsi locker adalah untuk memaksa roda-roda untuk berputar pada kecepatan/putaran yang sama tanpa mempedulikan roda mana yang lebih enteng bebannya. Pada situasi 1 diatas saat ban terangkat dari tanah, Locker memaksa ban-ban untuk berputar dengan putaran yang sama. Ban yang menapak (beban lebih berat) akan tetap ikut berputar sehingga kendaraan dapat terus maju. Tidak jauh beda pada situasi kedua, kendaraan yang nyangkut di lumpur dengan hanya 2 ban berputar, jika locker diaktifkan maka ban yang terbenam akan ikut berputar sehingga menambah traksi dan akhirnya mobil dapat keluar dari situasi tersebut.

TIPE LOCKER

Ada dua jenis locker yang umum ditemui disekitar kita.

Locker Automatic yang akan bekerja dengan sendirinya saat mendeteksi traksi yang hilang dan akan lepas (unlock) lagi saat semua ban kembali mendapatkan traksi. Contoh yang biasa kita pakai adalah Detroit Locker.

Locker Manual yang memberikan kebebasan kepada pengemudi untuk memilih kapan saat menggunakannya atau mematikannya hanya dengan menekan tombol. Yang umum dan biasa kita gunakan adalah ARB Air Locker yang harus dikombinasikan dengan kompresor angin. Selain menggunakan tekanan angin ada juga jenis Locker yang menggunakan ElektroMagnet seperti Eaton E-Locker dan Ox-Locker yang menggunakan mekanisme kabel untuk pengoperasiannya.

Sumber Foto : Indonesia4wdTV & Google

Comment

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *