Artikel

Tips Tentang Winching

Saat melakukan Recovery pastikan hanya ada SATU KOMANDO dari satu orang, apalagi jika ada beberapa winch yang bekerja saat bersamaan. Bingung gak sih kalau semua orang teriak kanan – kiri – stop – tarik – gulung – ulur secara bersamaan.. Gak jauh beda dari ibu-ibu yang sedang arisan..

1. Aturan pertama untuk menggunakan winch adalah memiliki winch yang tepat. Tergantung pada medan offroad yang akan ditempuh daya tarik winch harus lebih besar daripada berat mobil anda. Biasanya yang sering digunakan adalah 1.5 yang artinya daya tarik dari winch yang akan anda gunakan adalah minimal 1.5 kali berat mobil anda. Gampangnya seperti ini, jika berat mobil anda 3 Ton maka Winch yang baiknya digunakan adalah yang memiliki daya tarik minimal 4.5 Ton atau 9000lbs. Tentu saja lebih kuat dari itu pasti lebih baik, tapi dengan bertambahnya kekuatan winch maka bertambah berat pula winch itu. Jangan sampai bemper depan mobil anda jatuh ke tanah karena winchnya terlalu berat.

2. Hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah Sling Baja atau Tali Plasma. Tali plasma bobotnya lebih ringan, sama kuat dan lebih mahal. Sementara itu Sling baja lebih murah harganya, lebih tahan gesekan (abrasion) dan sangat tahan banting ketika digunakan dikondisi extreme. Walaupun Tali plasma akan cenderung tidak rusak seperti Sling saat terjepit di drum winch, Plasma perlu perlindungan terhadap sinar matahari karena dapat merusak jika dijemur terus.

3. Saat memasang winch jangan mengabaikan instruksi pemasangan yang terdapat pada buku manual dalam box saat pembelian. Hubungkan kabel positif dan negatif dari winch langsung ke Accu. Biasanya offroader banyak yang menghubungkan kabel negatif ke Sasis, hal ini kadang dapat menghasilkan Ground yang kurang yang akan dirasakan efeknya pada berkurangnya performa winch yang menurun. Jika perlu upgrade juga ukuran kabel winch anda sesuai dengan keperluan. Jangan lupa gunakan Power Cut-Off untuk keamanan.

4. Gak ada gunanya pasang winch yang nantinya cuma akan merusak bemper anda. Jangan asal pasang winch karena semua ada teorinya. Pergilah ke bengkel yang sudah memiliki reputasi untuk fabrikasi dudukan/mounting winch, agar saat recovery bemper anda tidak lepas sehingga ditertawakan kawan-kawan anda, dan yang lebih parahnya dapat menyebabkan kecelakaan.

5. Winch dampener berfungsi untuk meredam impact saat plasma atau sling terputus. Gunakan dampener yang bentuknya seperti bendera, jangan gunakan yang berbahan teflon karena yang berbahan teflon itu malah bisa menjadi seperti peluru nyasar.

6. Pilih Winching Point yang sesuai. Jangan ngewinch di pohon pisang atau pohon cabe, percuma, pasti tumbang dan rusak pohonnya. Gunakan tree strap untuk melindungi pohon dari gesekan plasma/sling yang dapat mengikis pohon.

7. Jangan berada diposisi yang berbahaya, apalagi kalau cuman nonton saja. Menjauh dari area winch yang aktif merupakan yang terbaik. Contohnya, mending dibelakang mobil dan bikinin kopi buat yang pada kerja.

8. Gunakan isyarat tangan. Saat winching kadang navigator kita bercampur dengan suara winch dan gerungan mesin mobil, ditambah lagi dengan banyaknya ahli komentator sepakbola yang mendadak pindah tempat ke sekitar mobil kita. Gunakan isyarat tangan agar proses pengarahan recovery dapat berjalan terus dengan baik dan suara navigator tidak habis.

Last but not least, ingatlah selalu bahwa kits offroad untuk bersenang-senang. Jangan pupa SAFETY FIRST karena orang-orang tercinta menanti dirumah dan yang gak kalah penting juga pastikan untuk JAGA KEBERSIHAN dan mulailah dari diri kita masing-masing dengan JANGAN NYAMPAH.
id4wd.com – Adventure Everyday

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *