Artikel

Tips Menghadapi Medan Offroad [PEMULA]

Jika anda penggemar olahraga yang satu ini, sebaiknya anda benar-benar mempersiapkan kendaraan anda sebelum dipacu di medan yang berat. Mobil yang di gunakan di medan yang berat haruslah mempunyai kaki-kaki yang kuat, karena kaki-kaki merupakan salah satu bagian paling penting yang merupakan penunjang berhasil tidaknya anda keluar dari medan berat tersebut.

Persiapan pertama sebelum anda turun ke medan kenali terlebih dahulua fungsi yang tersedia di mobil, seperti 2H, 4H dan 4L. 2H (2WD High Range) yang artinya tenaga hanya disalurkan ke roda belakang. Untuk model tersebut mobil hanya cocok untuk lintasan aspal. Jangan sekal-kali mencoba mencelupkan mobil ke medan lumpur.

4H (4WD High Range), tenaga mesin disalurkan ke roda depan dan belakang dengan pembagian porsi 50:50. Posisi ini untuk kondisi jalan buruk, licin atau basah. 4L (4WD Low Range) dalam tenag dari mesin disalurkan keempat roda dengan maksimal. Fungsi fitur tersebut untuk medan offroad yang berlumpur.

Kenali terlebih dahulu medan yang akan dituju. Jangan sampai mobil yang Anda gunakan tidak sesuai dengan lintasan yang akan anda lalui. Alih-alih keluar dari lintasan namun alhasilĀ terperangkap di lumpur. Pada kasus ini anda harus mempelajari ketinggian mobil (Ground Clearance dan Wheelbase). Hal itu sangat penting saat Anda melewati gundukan atau jalan bergelombang naik turun.

Selain itu pula Front Over Hang, yakni jarak dari center roda depan sampai bagian terdepan kendaraan. Aproach Angle, yaitu besar sudut yang dibentuk antara garis datar jalan dan titik terdepan kendaraan. Rear Over Hang yakni jarak antara center roda belakang dengan bagian terbelakang mobil. Departure Angle, istilah ini untuk besar sudut yang dibentuk antara garis datar jalan dan titik terbelakang.

Apabila anda adalah seorang pemula sebaiknya dahulukan yang expert (berpengalaman). Nah, saat Anda peserta kedua atau setelah itu usahakan jangan membuat jalur sendiri. Tetaplah dijalur yang sudah dilewati. Hal itu untuk menjaga keamanan agar Anda tidak terjebak dengan medaan yang berlumpur tersebut.

Suaikan kecepatan mobil. Hal itu untuk mengantisipasi tikungan tajam di depan. Jangan sampai buntut mobil tidak berhasil melewatinya.

(Source : Kiosban)

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *