Artikel

Sudahkah Anda Mengganti Ban Offroad ?

Sering kali kita salah kaprah dalam memilih ban mobil kita untuk Offroad, tidak sesuai dengan kebutuhan. Banyak yang berfikir bahwa ban yang besar akan dengan mudah melewati medan yang ekstrim, tidak memikirkan bagian yang lain seperti tenaga dari mesin sampai rasio final gear karena setiap kendaraan berbeda. Kita harus berfikir ulang dengan menghitung tenaga mesin yang di hasilkan kemudian, transmisi ,final gear dan yang lainnya untuk memilih jenis dan ukuran ban yang akan di gunakan untuk Offroad dan sesuai dengan medan jalan yang akan di lewati.

Adapun sedikit tips yang admin dapat sampaikan yang di ambil dari salah satu sumber yang admin baca :

1. Untuk suzuki Jimny standart belum dimodif ukuran ban yg cocok dan enak buat offroad 29″x15″ jika lebih besar tenaga mesin ngedrop dan resiko as roda putus karena as roda jimny rentan.
2. Untuk Jimny modif’an engine swap un2500cc sampai final gear 4,….- 5,…. maksimal ban yg digunakan 32″
3. Untuk Willys mesin standart/engine swap un2500cc final gear 4,8 – 5,3 maks ban 32″x15″
4. Untuk CJ7/FJ40 atau up2500cc standart, ban yg digunakan 32″x15″, modif’an up2500cc maksimal 35″.

ada beberapa jenis ban offroad yang sudah disediakan pihak produsen seperti M/T atau Mud Terrain, yang diperuntukan untuk mobil offroad. Bisa di lihat dari kembangannya yang sangat kasar dan got dalam. A/T All Terrain tentu ban ini bisa untuk segala medan, tapi bukan untuk lumpur dalam kategori berat, Kalau sekedar jalan tanah dengan tekstur yang keras, berkerikil maupun jalan becek dan agak sedikit berlumpur atau lapangan rumput, masih bisa di andalkan.

Ban ini tentunya memiliki performa yang lebih baik ketimbang ban tipe M/T saat digunakan di aspal, suara bising dan getarannya yang di hasilkan lebih kecil. Begitu juga dengan kemampuan pengereman dan kemampuannya berjalan di atas genangan air hujan, dipastikan jauh lebih baik. Sedang H/T Highway Terrain buat yang lebih banyak berjalan di aspal saja

 

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *