Artikel

Mengenal recovery kits

Peralatan recovery (recovery kits) merupakan peralatan penunjang yang membantu proses recovery khususnya pada saat nge-winch.

Obrolan kali ini kita akan membahas peralatan recovery yang harus dibawa dan tersedia bagi tingkat pemula yang mau berangkat offroad dan ber-adventure.

Apa saja yg harus dibawa?
# GLOVES/SARUNG TANGAN
Pilih yang berbahan kulit, karena sarung tangan berbahan kulit akan lebih tahan dampak gesekan dibandingkan sarung tangan berbahan kain atau sintetis. Siapkan minimal 1 pasang, namun lebih disarankan 2 pasang sarung tangan.
Sarung tangan wajib digunakan oleh navigator dab crew selama melakukan recovery.

# TREE TRUNK PROTECTOR
Strap dengan batas kemampuan tarik sampai 6,5 ton ini berukuran lebar 5cm dengan panjang minimal 2,4 meter, berguna untuk menjadi pengikat di titik pegangan dari arah nge-winch (winching point).
Pada awalnya strap ini adalah untuk melindungi batang pohon agar tidak terkelupas dampak ikatan sling atau plasma. Secara logika sederhana, strap ini juga memberikan penyebaran titik tekanan yang lebih besar dibanding tali strap terhadap objek yg diikatnya.

# RECOVERY STRAP
Strap ini kemampuan bobot tariknya harus memenuhi minimal 6,5 ton, dengan lebar 5 cm dan panjang 9 m. Banyak kegunaan strap ini pada saat nge-winch, diantaranya menjadi titik kait (winching point) pada objek pegangan yg berukuran besar seperti batu yang tidak mampu dililit oleh strap Tree Trunk Protector, dapat juga membantu menambah panjang sling pada saat tertentu.

# SHACKLE
Berupa besi berbentuk busur atau menyerupai besi bulat bebentuk lengkung seperti tapal kuda dengan salah satu ujungnya disambungkan dengan besi berdrat seperti baut.
Ukuran shackle minimal 3/4″ dengan batas minimal kemampuan menahan bobot 4,25 ton. Menurut aturan membawa 2 buah, tapi membawa lebih akan lebih baik.
Kegunaan shackle diantaranya untuk mengikat ujung-ujung strap, menjadi titik kait hook sling, menyambung antara strap dengan hook sling, dll.

# SNATCHBLOCK
Ada juga yang menyebutkan Katrol, karena memang bentuk dan cara kerjanya adalah katrol. Snatchblock yang dapat digunakan sebagai salah satu recovery kits, adalah yang memiliki kemampuan menahan tekanan tarik (bobot) minimal 9 ton.

# DAMPENER
Berbahan karet atau sintetis dan sejenisnya dengan bobot minimal 1 kg. Digunakan dengan cara di gantungkan pada posisi 1/3 panjang bentangan sling atau plasma. Fungsinya untuk menjadi pemberat pada tali sling/plasma, sehingga jika terjadi putus, sling/plasma tidak akan terbang namun akan jatuh ke tanah sehingga mengurangi dampak bahaya yang ditimbulkannya.
Berdasarkan tulisan diatas, dalam 1 kotak Recovery Kits, isi minimalnya adalah:
– 1 pasang Gloves/Sarung Tangan
– 1 buah Tree Trunk Protector
– 1 buah Recovery Strap
– 2 buah Shackles
– 1 buah Snatchblock
– 1 buah Dampener

Nah, penulis sendiri selain beberapa peralatan tersebut (diatas), dalam kotak recovery kits yang selalu dibawa ditambahkan isi sbb.:
+1 pasang Gloves
+1 buah Tree Trunk Protector
+1 buah Extension Strap (5cmx20m)
+2 buah Shacles
+1 buah Snatchblock
+2 buah Senter

Diluar Kotak Recovery Kits, ada juga peralatan lain yang sebaiknya kita persiapkan untuk membantu kita melakukan recovery sehingga kita tetap asik dan nyaman menjajal rute offroad, diantaranya:
– Alat pemadam api ringan (A.P.A.R)
– Hilift Jack

Demikian sekelumit obrolan seputar Recovery Kits, diharapkan dengan peralatan yang memadai kita dapat menikmati offroad yang nyaman dan aman, sehingga tetap ENJOY!!!

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *