Artikel

Mengemudi Dengan 4WD

Mobil double handel atau biasa kita menyebutnya dengan mobil 4WD ini menggunakan tenaga penggerak di keempat rodanya. Sistem ini sendiri bertujuan untuk mendapatkan tenaga yang maksimal untuk melewati jalan dalam segala kondisi. Dimana Sistem tersebut menyalurkan semua tenaga keseluruh roda depan maupun roda belakang.

Sistem 4WD ini umumnya digunakan pada mobil yang akan melintasi medan yang yang terjal ,berlumpur agar nantinya tidak akan terjadi masalah seperti ban selip. Adapun jenis model sistem 4wd :

Manual         : Dilakukan secara mekanis dengan menggerakantuas tertentu pada beberapa jenis kendaraan.

Otomatis      : Dilakukan dengan tombol atau sensor tertentu.

Part Time     : Pengoprasian 4WD hanya pada saat tertentu sesuai dengan medan yang di lalui.

Ful Time       : Selalu terpasang dalam kondisi jalan artinya sistem 4WD selalu di gunakan dalam kondisi medan                              apapun.

Kelebihan menggunakan mobil yang menggunakan sistem 4WD yang pasti dapat menaklukan medan seperti apapun meskipun medan yang sulit sekalipun. Tenaga yang di hasilkan cukup besar dan stabil di medan tanah karena menggunakan 4 penggerak rodanya untuk berputar.

Selain itu terhindar dari resiko ban selip. Keunggulan selanjutnya yaitu mampu di gunakan untuk menderek karena mempunyai pilihan transmisi khusus untuk menaklukan medan jalan yang terjal.

Selain dilihat dari kelebihan ada pula kelemahan sistem 4WD yaitu pada segi harga mobil yang menggunakan sistem ini. Selain harga pada mobil ini yang mahal perawatannya juga tidak sedikit perlu perhatian khusus karena mobil tersebut menggerakan 4 roda maka terdapat dua gardan yang harus dirawat.

Untuk penggantian oli sendiri perlu di ganti keduanya beda dengan mobil yang menggunakan 2WD yang hanya menggunakan 2 penggerak roda pada bagian bealakang. tidak hanya oli pada agian bahan bkar juga perlu di perhatikan karena menggunakan mesin yang bertenaga besar sehingga bahan bakar yang digunakan cukup banyak.

Cara pengoprasian sistem 4WD sendiri ada beberapa tulisan seperti 2H-4H-N-4L atau H2-H4-N-L4 atau juga H-N-L dll. Setiap masing-masing pabrikannya pastilah berbeda. Namun untuk penjeasnnya seperti berikut :

N     : N merupakan posisi netral ,tidak ada tenaga yang di salurkan ke roda

2H    : Posisi ini di gunakan pada jalan aspal atau pun permukaan jalan yang bertekstur keras

4H     : Posisi ini digunakan pada jalan yang mempunyai tekstur seperti tanah basah/berlumpur dan icin yang akan membantu mobil terhindar dari selip ban. Namun dapat juga di gunakan pada jalan yang bertekstur keras tetapi permukaan jalan sangat buruk atau seperti bebatuan atau sejenisnya.

4L    : Posisi ini digunakan pada saat mobil melewati medan yang menanjak atau pun jalan menurun yang ekstrim serta berlumpur. Dengan menggunakan 4L mobil akan berjalan lambat tetapi memiliki tenaga yang lebih besar. Efek dari pengereman mesin atau engine brake saat melewati jalan yang curam akan didapat dari posisi 4L.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *