Artikel

KEJURNAS Extreme OFFROAD Region 6, Bone Bolango 2017

SPONSORED BY FUJIFILM

Bone Bolango, 23 Sept 2017 (ID4WD) Kejuaraan Nasional Offroad Region 6 tahun 2017 digelar di sirkuit Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo pada 23-24 September. Event Kejurnas ini diselenggarakan oleh Metika 4×4 yang diketuai oleh Yakub Tangahu dan di dukung sepenuhnya oleh IOF Pengda Gorontalo, Pemerintah Kabupaten Bone Bolango dan DPRD Bone Bolango dan beberapa sponsor lainnya.

registrasi peserta dilakukan pada hari jumat 21 September

Proses Scrutineering dilakukan secara detail untuk keamanan peserta

Dibuka oleh Bupati Bone Bolango Hamim Pou didampingi Ketua DPRD Bone Bolango Faisal Mohie, kegiatan ini di ikuti oleh 20 peserta dari berbagai daerah di Indonesia termasuk beberapa Offroader nasional seperti Eko prasetyo asal Wonogiri yang kali ini tergabung dalam Buracko team Manado, Wahyu Lamban Jatmiko asal Daerah Istimewa Yogyakata yang kali ini tegabung dalam Emden Nesi team Gorontalo, dan Aldhy dari team Anta Jaya Palopo.

Dalam ajang Kejurnas Offroad region 6 ini dibagi menjadi 2 kelas yaitu kelas Non Winch dan kelas Winch. “Permainan Gate kita mainkan di kedua kelas ini tujuannya untuk memperkanalkan ke Offroader lokal yang belum pernah mengikuti ini agar memiliki pengalaman dan juga untuk melatih konsentrasi sehingga apabila mereka mengikuti event diluar tidak kaget lagi” ujar Budi salah satu master trek di event ini.

Terkendala cuaca pada hari pertama, 2 trek lintasan di semua kelas menjadi berubah sangat licin dan ekstrem. Pada SCS 1 tercatat seluruh peserta DNF (tidak dapat finish). “trek sangat licin sekali ditambah posisi lintasan yang miring, mobil jadi susah dikendalikan dan akhirnya tidur dilintasan” ujar Jefri Isa  salah satu Offroader tuan rumah Bone Bolango yang sempat terbalik dilintasan SCS.

Permainan menjadi sangat seru memasuki hari ke dua, dimana selisih point antara masing- masing peserta tidak begitu jauh. Lintasan juga semakin kering sehingga beberapa handicap winching dapat dilewati tanpa winching dengan mendalkan momentum antara traksi dan power mesin. Tepuk tangan dan sesekali teriakan riuh penonton menambah serunya atmosfer di sirkuit Bone Bolango ini. Adu skil antara peserta nampak terlihat dari tipisnya perbedaan waktu tempuh disetiap scs.

Salah satu peserta dari Palu Sulawesi Tengah, bersiap untuk start

Aronan Bobihoe selaku Event Director merilis pemenang di kelas Extreme. Offroader Wahyu Lamban / Nasrudi mengantongi total poin 569. Ini hasil poin penuh 100 di 4 SCS, yakni SCS 2, 4, 5 dan 6. Posisi kedua overall diraih Aldy A / Kawdang dengan 547 poin. Selisih 2 poin di bawahnya milik Eko P / Tri W dari tim Boracko, Manado.

Sedangkan di kategori Non Winch, podium pertama dinaiki Dhal Dumako / Yunan dari tim Wongso4x4. Trofi kedua diberikan kepada Rivandi / Syukri Ismail. Sementara Samy Puchiet / Bian dari tim Emden Mesi harus puas di tangga ketiga.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *