Artikel

FJ Cruiser Penakluk Meratus

Yogyakarta, 28 April 2017 (ID4WD) Bertahan dengan kerusakan minimal di Meratus Expedition 2017 bukanlah hal yang mudah, apalagi jika posisi berada di rombongan urutan tengah ke belakang.  Setelah absen beberapa lama di dunia adventure, H. Bahrani kembali jajaki trek adventure extreme dengan durasi panjang. Pada MeX 2016 yang sebelumnya sempat menggunakan Toyota land cruiser VX80 yang di modif menjadi pickup dan finish telat karena ikut terjebak antrian panjang di trek.

Tahun ini FJ Cruiser dipilih untuk mengantar bermain di trek  extreme buatan Syamsir Alam yang dimulai dari Barabai dan selesai  di Batulicin.

Modifikasi yang dilakukan pun tidak tanggung-tanggung karena sudah paham betul akan trek Meratus. Belajar dari pengalaman tahun lalu, kali ini FJ Cruiser yang masih baru dari dealer langsung dipercayakan kepada bengkel Prorock Engineering di Solo.

“Proses pengerjaan tidak sekedar dipasrahkan saja kepada modifikator” ujar H Bahrani. Segala pengerjaan secara detail dikawal bahkan sampai mekanik dari Kalimantan pun di kirim kesana untuk memastikan bahwa semua pengerjaan sesuai dengan kebutuhan. “Karena kita yang tahu seperti apa didalam trek nanti, jadi jangan sampai ada yang terlupa atau kurang, karena kita sendiri nanti yang susah” tambahnya.

FJ Cruiser team Elang Borneo ini merupakan FJ Cruiser yang berhasil taklukkan trek MeX 2017 tanpa kerusakan. Modifikasi yang dikawal ketat oleh sang pemiliknya akhirnya membuahkan hasil yaitu perjalanan yang nikmat ditengah-tengah eksotisme dan beratnya trek Meratus Expedition 2017.

Berikut spesifikasi dari FJ Cruiser tersebut :

Winch TIBUS double motor
SOLID hybrid gardan
Coilover Fox
Bump stop ICON
Hydraulic Steering PSC
Pelek custom by PROROCK
Rear air suspension
Snorkel custom
Alternator 2 unit, 1 untuk engine dan 1 untuk winch 250a
Accu Oddysey 2 unit untuk winch dan 1 untuk mesin
Ban MAXXIS TREPADOR 35×12.5xR15 custom grooved

Locker ARB depan dan belakang
As roda 35 spline
Ratio 4.88
Roll-cage custom chromolly
Arm + long rod bahan tinalum by PROROCK
Engine standar
Winch belakang 9.5xp
Led by RIGID INDUSTRIES
Plasma 16mm
Footstep custom PROROCK

    

Paling bener emang kalau mau offroad itu mobil ya dipantau dan dipersiapkan betul sedetail mungkin seperti yang dilakukan H Bahrani, karena saat ada kerusakan atau kekurangan  di trek, bengkel belum tentu bisa datang memperbaiki (ID4WD)

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *