Artikel

Dirtbike MeX 2017 akhirnya berhasil selesaikan Jalur Neraka

Batulicin, Senin 24 April 2017 (ID4WD) Tanjakan Jhonlin yang merupakan trek Neraka bagi kendaraan 4×4 terjadi menjadi Neraka Kuadrat bagi peserta Dirtbike. Motor-motor terbenam di lumpur hingga sampai ke batas jok.

Finish MeX 2017 yang semula direncanakan akan dihadiri semua peserta dari 4×4 maupun Dirtbike nampaknya berkata lain. Peserta Dirtbike tidak bisa hadir pada tanggal 22 April karena baru tanggal 23 April mereka berhasil keluar trek, karena treknya sangat berat bagi dirtbike. Cuaca panas extremdan hujan deras yang mengguyur trek beberapa hari belakangan membuat lumpur di trek menjadi sangat lengket. Hal ini sangat menghambat peserta karena begitu mereka keluar dari satu jebakan dan mencoba mencari jalan lain yang terlihat belum disentuh kendaraan 4×4 ternyata juga kondisinya sama, terbenam.

Jadi bukan saja karena telah dilalui mobil-mobil kondisi tanah jadi seperti itu, tetapi memang jenis tanahnya sangat gembur hingga dilewati motorpun langsung terbenam lagi  dan lagi dan ditambah juga dengan curamnya tanjakan yang harus mereka daki, menjadikan pengalaman ditrek hari terakhir ini menjadi pengalaman yang bisa dibilang tak tergantikan.

Di hari ke 7 proses recovery 32 motor yang terjebak di jalur neraka meratus dimulai pukul 11.00 WITA. Sebelumnya di pagi hari official dan peserta briefing sambil menunggu kedatangan Syamsir Alam.

Syamsir Alam leader 4×4 terjun langsung untuk membantu recovery karena untuk beberapa motor yang sudah terbenam terlalu dalam dibutuhkan bantuan winch untuk mengangkat keluar agar tidak menguras tenaga terlalu banyak, mengingat mereka masih harus riding lagi menuju Batulicin untuk Ceremonial Finish yang jaraknya masih sekitar 125km dari Lokasi trek Neraka.

Proses recovery ini dibantu langsung juga oleh Agus Salim dan Toto Widyarto yang bekerja sama langsung dengan Teddy Wibowo (Leader Dirtbike) dan Mas Black serta official lainnya.

Recovery kendaraan untuk keluar trek Neraka tersebut akhirnya bisa selesai pukul 16.30 WITA dan berlangsung aman tanpa insiden, hanya ada kendala sedikit yaitu salah satu motor dari team marabunta mengalami pecah tromol belakang sehingga mereka terpaksa harus mengeluarkan jenis motor yang sama dulu untuk kemudian dipinjam roda belakangnya dan di pindah ke motor yang mengalami kerusakan dan membawanya ke way point 208.


Setelah semua peserta dan official MEX regrouping, perjalanan dilanjutkan Batulicin dengan jarak tempuh sekitar 125 km,untuk melakukan closing ceremony.  (ID4WD) 

     

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *