Artikel

Jenis-jenis Winch

Winch dalam dunia 4WD dikategorikan sebagai alat self recovery atau piranti untuk menolong diri sendiri (dalam hal ini kendaraan 4WD). Tentu nya piranti ini bersifat optional karena tidak semua kegiatan berkendara gerak empat roda memerlukan Winch, tetapi bisa berubah menjadi amat disarankan bahkan wajib apabila medan yg akan dilalui mempunyai tingkat kesulitan sedang hingga berat.

Untuk itu kita akan mengulas berbagai jenis winch yang beredar di pasaran. Dari winch entry level atau winch bagi pemula hingga yang bersifat advance atau lanjut. Semoga dengan ulasan ini kita bisa menjadi lebih mengerti tentang kebutuhan Winch masing – masing.

# Winch Electric
Winch ini di gerakan oleh motor yg ditenagai oleh arus listrik DC yang biasa nya diambil dari baterai atau accu kendaraan, untuk Winch Electric sendiri umum nya terbagi menjadi 2 jenis, yaitu Winch Tidur dan Winch Berdiri, kenapa di sebut Winch Tidur karena memang bentuk nya memanjang dengan motor DC berada di salah 1 sisi drum dan gear housing di sisi lain nya. Winch tidur ini sering kali dikategorikan sebagai Winch untuk pemula karena memang memiliki speed yang relatif lebih lambat dibanding Winch Berdiri.

Untuk Winch Electric yang berbentuk berdiri karena bentuk nya yg lebih tinggi dan bertingkat, dimana drum ada di posisi bawah dengan gigi reduksi di sisi drum dan motor DC berada di atas nya. Kehadiran gigi reduksi ini membuat winch tipe ini memiliki kecepatan dan torsi yang lebih besar dibanding Winch tidur sehingga dikategorikan untuk pemakaian tingkat lanjut, bahkan untuk penggunaan ekstrim dan kompetisi ada yang mengganti casing bagian atas nya sehingga bisa mepakai 2 motor DC sekaligus atau dikenal dengan twin motor.

# Winch PTO (Power Take Off)
Secara prinsip Winch PTO mempunyai kemiripan dengan Winch Electric Tidur, hanya saja untuk menggerakan nya Winch PTO memakai tenaga mesin yang di salurkan melalui kopel yang keluar dari output transfer case, oleh karena itu winch jenis ini hanya bisa di gunakan oleh kendaraan yang transfer case nya memiliki output khusus
PTO.

# Winch Hidrolik
Winch jenis ini sebenarnya memiliki potensi yang cukup menarik untuk digali, sayang nya memang sampai saat ini belum terlalu populer digunakan di tanah air. Bentuk nya menyerupai Winch Electric tidur, yang membedakan adalah kehadiran selang selang di sisi-sisi nya, dan untuk menggerakan nya Winch ini mengandalkan tekanan oli bertegangan tinggi (high pressure) yang di dorong oleh pompa.

Setelah kita memahami berbagai jenis winch yang telah di utarakan diatas hal berikut nya adalah memilih jenis winch apa yang akan kita miliki, tentu nya yang sesuai dengan kebutuhan dan jam terbang kita sendiri. Setelah itu hal yang harus kita perhatikan adalah piranti piranti wajib untuk menunjang keselamatan pribadi selama mengoperasikan winch.

Ada minimal 3 piranti yang wajib kita miliki dan pakai saat mengoperasikan winch. Yang pertama adalah sarung tangan kulit yang cukup tebal, kenapa? karena di beberapa winch yang menggunakan seling baja kerap kali kita menemukan seling baja yang serabut baja nya ada yg putus, sehingga dengan menggunakan sarung tangan kita bisa terlindungi dari bahaya tertusuk serabut baja atau lecet karena tergesek seling atau tali sintetik plasma selama proses mengulur atau menarik.

Yang kedua adalah Winch Dampener Blanket, piranti ini wajib terpasang di setiap seling atau plasma, terbuat dari bahan yg cukup tebal dan memiliki berat minimal 1kg. Piranti ini berfungsi untuk meredam gaya sentrifugal dari Seling atau Plasma yang putus sehingga tidak menyabet orang-orang yang ada di sekitar seling / plasma itu sendiri.

Piranti terakhir yang kita wajib saat mengoperasikan Winch adalah tree trunk protector. Apa itu tree trunk protector? adalah sejenis tali nylon atau bahan lain yg mempunyai penampang cukup lebar dan kuat sehingga apabila kita ingin menggunakan pohon sebagai winching point kita tidak melukai pohon tersebut dengan cara tidak langsung melingkarkan seling atau plasma rope kita ke pohon, melainkan melingkarkan tree trunk itu sendiri terlebih dahulu baru memasangkan kaitan (hook) seling ke ujung-ujung nya, baik langsung atau terlebih dahulu menggunakan Shackle.

Semoga dengan sedikit ulasan diatas kita bisa mengetahui winch seperti apa yang kita butuhkan sesuai keperluan. Harus di tekankan juga semua berpulang kepada operator dari piranti itu sendiri, Winch bisa menjadi pembantu kita tetapi bisa juga mencelakakan, maka dari itu penting untuk lebih banyak mempelajari bagaimana cara mengoperasikan Winch sesuai dengan asas-asas keselamatan.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *